Salam teman…

28 Apr

Hallo..

Hii..

Heyho……

Hai hai perkenalkan, ini blog baru saya. Eh salah, lebih tepatnya blog pertama saya. Agak ketinggalan siih emang, tapi ya gapapalah terlambat daripada ga pernah buat sama sekali. Seperti pepatah mengatakan “alon-alon waton kelakon”😛.

Alasan utama buat blog ini siih sebenernya karena ada tugas dari kantor *whatt,,udah kerja masih dapet tugas beginian?!* tenang tenang ga usah ikutan panik (padahal saya yang panik), lebih tepatnya ini tugas salah satu materi di diklat. Bingung juga sebenernya mau nulis tentang apa, karena mungkin belum terbiasa. Dulu waktu di kampus, saya cukup sering loh mengikuti lomba-lomba karya tulis *yahh meskipun belum pernah menang siih, hehe..jadi malu*, setelah lulus dari kampus juga sempet ngebantu dosen pembimbing skripsi membuat tulisan2 ekonomi gitu. Jadi baiklah, saya akan coba menulis di blog saya ini.

Oya, saya mau sedikit cerita tentang diri saya. Saya anak kedua dari tiga bersaudara, SD-SMP saya habiskan di kota Bekasi. Karena sudah bosan dengan kota Bekasi (becanda deng, rumah saya masih di Bekasi kok..hehe) kemudian saya melanjutkan SMA di Jakarta dan akhirnya nyangkutlah kuliah di kota hujan . Cita-cita saya sejak kecil sebenernya kuliah di salah satu dari dua Universitas bergengsi di Indonesia, yang satu letaknya di Ibu kota negara, yang satu lagi letaknya di kota Gudeg (salah satu kota favorit saya dan kampung saya *lebih tepatnya kampung halaman kedua orang tua saya*). Klo bukan karena ayah saya mengambil studi Doktoralnya disana, mungkin saya ga akan pernah tau ada Universitas bernama IPB. Jadi, sewaktu di SMA ada tawaran masuk ke IPB melalui program PMDK (Penulusuran minat dan kemampuan *klo ga salah ya singkatannya*) saya pun mengambilnya.

Awalnya disaat saya mendapat kabar diterima di IPB saya tidak berminat mengambilnya karena kebetulan saya juga diterima di Universitas yg namanya merupakan “tokoh Majapahit” yg dapat mempersatukan Nusantara, terlebih lagi saat tau saya diterimanya di Fakultas Ekonomi dan Manajemen (hah? Fakultas Ekonomi?emang di IPB ada yah jurusan ekonomi? *pertanyaan yg dulu sering saya dengar, meskipun sekarang udah jarang orang memberikan reaksi seperti itu. Karena sekarang kan FEM IPB udah terkenal..narsis dikit ahh,,hehe*). Tapi karena beban moril terhadap sekolah dan adik2 kelas saya kelak jika PMDK tidak diambil akan mengurangi jatah siswa yg diterima dari sekolah untuk tahun selanjutnya dan karena dorongan ayah saya, saya pun mengambilnya. Ternyata ini adalah salah satu keputusan yang saya syukuri dalam hidup saya, Alhamdulillah :). Banyak hal yang saya dapatkan selama kuliah disana, baik dalam studi maupun organisasi, terutama karena saya mendapatkan sahabat-sahabat terbaik saya disana. Selain itu juga karena saya bertemu dengan salah satu orang yang menjadi sumber inspirasi saya, yaitu dosen pembimbing skripsi saya (how great he is!!). Ntar kapan2 saya tulis deh perjalanan saya di kampus.

Sebelum bekerja ditempat saya bekerja saat ini, saya bekerja di salah satu Bank Terbesar di negara ini dengan jargonnya “Terdepan, Terpercaya, Tumbuh bersama Anda”. Saya diterima di Bank tersebut melalui program Officer Development Program (ODP), dimana posisi saya terakhir sebagai Relationship Manager (eitsss, jangan disamakan dengan Melinda Dee yaa, hehe). Tugas seorang RM di Bank tersebut yaitu menyalurkan kredit ke pengusaha atau perusahaan yang membutuhkan dana untuk mengembangka usahanya. Meskipun perkerjaannya terlewat dan teramat sangat berat, sebenernya saya sudah cukup menikmati bekerja di Bank tersebut. Pertama dari segi penghasilan, ya sudah sangat cukuplah untuk lulusan baru Universitas dan kedua, untuk jenjang karirpun cukup menjanjikan (pasti temen2 ODP pada protes dengan tulisan saya ini, karena sebagian besar dari mereka merasa sangat tersiksa disana. “Rumput tetangga memang lebih hijau kawan”, nikmatilah bekerja disana, karena disana juga baik kok *pissss, hehe*).  Tapi karena satu dan lain hal saya memutuskan untuk resign dari Bank tersebut. Ntar kapan2 saya juga akan menceritakan deh pengalaman saya selama bekerja disini.

Ok  singkatnya, saat ini saya bekerja di salah satu Kementerian yg cukup disegani di Republik ini sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) terhitung mulai awal Desember 2010 kemarin. Banyak temen yang nanya “kenapa sih, lo kok pindah?jadi pns lagi?kan pns begini, pns bgitu atau mau kayak gayus ya?” hmmpphh, bingung harus jawabnya gimana karena memang stigma itu sudah melekat pada PNS. Terlebih lagi dikuatkan dengan kenyataan yang saya alami di tiga bulan pertama saya bekerja menjadi cpns. Bisa dikatakan lumayan tersiksa, bukan karena apa2 siih, tapi tersiksa karena ga ada kerjaan yang harus saya kerjakan. Kebayang dulu sewaktu bekerja di Bank waktu ga kerasa udah malem aja, tapi sekarang selalu nunggu kapan ya bel pulang, udah gitu terjadi penurunan penghasilan yang cukup seginfikan. Hal itu membuat saya berpikir, mungkin benar apa yang dikatakan oleh temen-temen, mungkin keputusan yang saya buat kemarin itu salah dan berbagai pikiran aneh di kepala. Astaghfirullah hal adzimm ‘Fabi ayyi alaa irobbikuma tukadziban’*, sungguh betapa saya tak mensyukuri nikmatNya. Kemudian saya tersadar untuk ga berlarut-larut dalam pemikiran itu, saya harus ngerubah mindset dan yakin bahwa semua pasti ada hikmahnya dan rizki ALLAH selalu ada kapanpun dan dimanapun, selama saya mau berusaha. Amin..

Alhamdulillah awal april kemarin, tepatnya dari tanggal 4 April sampai dengan 27 April, saya mengikuti Diklat Teknis Substantif Dasar Kekayaan Negara II yang merupakan kegiatan pengembangan SDM bagi para calon pegawai di lingkungan DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara) yang diselenggarakan oleh DJKN bekerja sama dengan BPPK c.q. Pusdiklat KNPK (Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan).  Banyak hal yang saya dapatkan di diklat ini termasuk juga teman-teman baru, yang akhirnya membuka mata saya bahwa banyak hal yang bisa dilakukan disini, untuk ikut bagian merubah citra PNS yang kurang baik, untuk ikut membangun negara ini menjadi lebih baik. Agak klise sebenernya, tapi itulah yang ada di pikiran saya saat ini. Yah, smoga apa yang ada dalam pikiran saya kelak bisa saya realisasikan dan semoga saya bisa untuk tidak ikut menjadi bagian dari “stigma” negatif tentang PNS. Doakan ya teman.. :)

Baiklah, itu sedikit cerita tentang saya. Meskipun sedikit, semoga bisa menjadi perkenalan yang baik saya dengan kalian yang kelak membaca blog saya ini. Untuk tulisa-tulisan saya selanjutnya mungkin ga hanya berasal dari pengalaman atau pikiran saya, tapi saya juga akan mengolah hal-hal yang menarik untuk ditulis dari berbagai sumber. Oiya, saya juga menerima saran dan kritik dari temen2 (asal jangan pedes2 ya, harga cabai mahal loh..hehe). Selamat membaca… ;)

Leave a Reply

