Kerjasama Perdagangan Regional

28 Apr

Kerjasama Perdagangan Regional

Kerjasama atau perjanjian perdagangan regional adalah perjanjian dari dua atau lebih negara yang bertujuan untuk mengurangi hambatan dalam perdagangan atas dasar resiprokal dan atau preferensi (World Bank dalam Saputra, 2007).

Konsep Kerjasama Perdagangan Regional

Terdapat dua konsep mengenai kerjasama perdagangan dalam lingkup regional, yaitu: kerjasama regional (regional cooperation) dan penyatuan regional (regional integration). Kerjasama regional dapat diartikan sebagai kebijakan bersama yang diambil oleh sekelompok negara yang biasanya terletak dalam satu kawasan, untuk mencapai tingkat kemakmuran tertentu yang lebih tinggi dibandingkan dengan upaya yang diambil masing-masing negara secara individu (Lamberte dalam Saputra, 2007). Penyatuan regional adalah penyatuan secara de facto beberapa negara dalam satu kawasan geografis. Penyatuan tersebut dapat didorong oleh: (1) Kebutuhan pasar (market driven) sehinga tidak diperlukan perjanjian eksplisit atau koordinasi tindakan antar negara untuk menyatukan perekonomiannya, atau (2) penyatuan yang dihasilkan dari kerjasama regional dalam bentuk perjanjian perdagangan regional, sering disebut dengan instila institution-driven. Intensitas penyatuan regional dapat bervariasi, regional full economic integration tercipta apabila barang, jasa dan faktor produksi dapat bergerak bebas antar negara dalam satu kawasan dan pasar keuangannya juga telah menyatu (Saputra, 2007).

Selain itu juga terdapat istilah regionalitation (regionalisasi) dan regionalism (regionalisme). Regionalisasi adalah upaya untuk penyatuan perekonomian yang didorong oleh pasar dan biasanya didorong oleh kekuatan pasar dan perkembangan teknologi yang sama dengan proses globalisasi (Pronk dalam Saputra, 2007). Menurut Lamberte dalam Saputra (2007), regionalisasi adalah upaya penyatuan perekonomian yang didorong oleh pasar yang dimulai dari proses reformasi perekonomian secara unilateral di masing-masing negara dalam suatu kawasan. Regionalisme, disisi lain, adalah kerjasama ekonomi formal dan kesepakatan ekonomi dari suatu kelompok negara yang bertujuan untuk memfasillitasi atau meningkatkan penyatuan regional.

Motif Kerjasama Perdagangan Regional

Faktor-faktor yang mendasari motif terbentuknya kerjasama perdagangan regional antara lain:

  1. Membangun rasa aman baik secara ekonomis maupun politis diantara negara yang berdekatan; Sebagai contoh, pembentukan masyarakat ekonomi eropa dilakukan melalui kebijakan kerjasama perdagangan dengan maksud untuk memperoleh pengaruh ekternal secara politis mengingat di kawasan tersebut tidak mempunyai kebijakan luar negeri atau kebijakan keamanan bersama. Hufbauer dalamSaputra (2007) mengemukakan bahwa Uni Eropa telah lama menggunakan kerjasama perdagangan sebagai alat kebijakan luar negeri dengan dua tujuan utama yaitu menyiapkan anggota potensial untuk proses penggabungan dan sebagai alat untuk melebarkan pengaruh Uni Eropa ke negara-negara di luar kawasan Eropa.
    1. Mengelola friksi perdagangan
    2. Peningkatan kapasitas (capacity building) untuk pembangunan; diharapkan dengan kerjasama di kawasan dalam bentuk penurunan hambatan perdagangan dapat mendorong peningkatan efisiensi, produktivitas dan daya saing serta penurunan biaya dan resiko perdagangan dan investasi.
    3. Kebijakan untuk menjamin diplomasi perdagangan
    4. The Copycat Syndrome; merupakan reaksi pertahanan terhadap regionalisme di Eropa, Amerika Utara dan Amerika Latin yang mengancam daya saing perekonomian Asia Timur. Dengan demikian kerjasama regional diadopsi sebagai strategi untuk pembangunan dan peningkatan daya saing negara-negara di kawasan (Lamberte dalam Saputra, 2007).
    5. Persaingan untuk mendapatkan Penanaman Modal Asing (PMA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: